Bisnis Reseller

Posted: November 25, 2012 in Uncategorized

Istilah reseller dan affiliate dalam bisnis online memang sudah tidak asing lagi.
Kedua sistem tersebut sering digunakan untuk memperoleh penghasilan melalui internet. Jika pekan lalu telah dibahas tentang apa itu affiliate, pekan ini kami akan membahas apa sih perbedaan reseller dan affiliate ?

Pada prinsipnya sistem affiliate dan reseller adalah sama. Yaitu sama-sama bertujuan untuk menjualkan produk orang lain, menjadi media perantara antara produsen/distributor dengan end user/konsumen. Atas jasa pemasaran tersebut maka mereka berhak untuk mendapatkan komisi, yang besarannya disesuaikan dengan aturan dari pihak produsen/distributor. Yang membedakan antara sistem reseller dan affiliasi yaitu :

  • Sistem affiliate adalah salah satu sistem yang digunakan dalam bisnis online, dengan menjualkan produk atau jasa orang lain tanpa syarat apapun. Sehingga kita hanya diwajibkan mendaftar, tanpa perlu membeli atau memiliki produk atau jasa yang akan kita tawarkan. Namun komisi affiliate juga tidak sebesar komisi program reseller, biasanya berkisar antara 20% hingga 50%. Misalnya clickbank.com
  • Sedangkan program reseller adalah sistem yang dapat dijalankan untuk bisnis online, dengan menjualkan produk atau jasa orang lain dengan syarat kita harus membeli atau memiliki produk atau jasa yang akan kita pasarkan. Komisi yang diberikan pun juga bervariasi, namun lebih besar daripada komisi yang diterima affilitor yaitu berkisar antara 30% hingga 80%.

affiliate 250x159 Apa Sih Perbedaan Reseller dan Affiliate ? Dalam menjalankan bisnis online dengan sistem affiliate ataupun reseller dibutuhkan ketekunan serta dituntut untuk selalu fokus pada satu produk atau jasa saja. Selain itu tidak semua program affiliate serta reseller yang ditawarkan memiliki kualitas yang bagus, jadi kita harus lebih berhati – hati untuk memilih program yang tepat. Untuk itu berikut kami berikan tips sukses menjalankan bisnis affiliate maupun bisnis reseller :

  1. Sebelum menjadi affiliate ataupun reseller suatu produk, biasakan mempelajari informasi tentang produk atau jasa yang akan Anda promosikan.
  2. Pilihlah produk yang diminati pasar atau prduk yang anda sukai. Jadi selain memasarkan produknya, Anda juga bisa memperoleh kesenangan dari kegiatan tersebut agar tidak mudah bosen.
  3. Lakukan dengan menggunakan strategi marketing atau promosi yang beda daripada yang lain. Sehingga bisa menarik perhatian orang. Contohnya dengan memberikan bonus atau tambahan yang menarik minat beli konsumen.
  4. Berikan tambahan pengalaman untungnya mengikuti bisnis affiliate atau reseller produk tersebut, agar konsumen yakin dengan penawaran yang ada. Bisa menggunakan blog Anda untuk mengoptimalkan promosi, dengan membuat konten baru di blog untuk promosi.
  5. Mengajak kerjasama beberapa orang untuk membantu penjualan kita, misalnya saja mengajak rekan yang belum menjadi reseller untuk membantu memasarkan produk yang kita awarkan dengan membagi komisi yang diperoleh.
  6. Yang kelima adalah tekun, fokus serta memberikan inovasi – inovasi baru yang dapat menarik minat konsumen lebih banyak. Pikirkan tentang cara meningkatkan penjualan produk yang kita tawarkan.

Banyak cara untuk meraih sukses dengan bisnis online, setelah mengetahui perbedaan program affiliate dan program reseller. Semoga dapat membantu Anda dalam memilih bisnis online yang bisa dijalankan. Salam sukses selalu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s